Senin, 02 Januari 2012

Jadi 'Hacker', Tifatul Bobol Twitter Sekda Jabar

INILAH.COM, Bandung - Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) Tifatul Sembiring menunjukkan bisa membobol twitter Sekda Provinsi Jabar Lex Laksamana. Walhasil, seluruh data milik Lex tergambar di komputer milik Tifatul.


Aksi Tifatul bertindak sebagai hacker hanya sebatas demo uji keamanan internet dalam Seminar Nasional Keamanan Informasi Untuk Melindungi Data Strategis dan Menjamin Keamanan Transaksi Elektronik di Hotel Savoy Homann, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Selasa (19/7/2011).


Dalam demo tersebut, Lex digambarkan sebagai pihak yang menjadi korban. Saat login di sebuah akun twitter, ternyata rekaman data yang diberikan Lex tergambar secara lengkap di komputer milik Tifatul.


Keberhasilan Tifatul mengambil data akun Lex memakai tools yang bisa untuk mengambil data seseorang. Demo ini disaksikan oleh ratusan peserta seminar.


"Betapa mudah melakukan pembongkaran pada akun seseorang hanya dalam waktu beberapa detik. Jadi sangat mudah untuk membongkar akun milik seseorang," ujar Tifatul saat seminar.


Menurut Tifatul, keamanan di internet mutlak diperlukan sehingga perlu pemahaman dalam pengamanan akun. Perlu keamanan berupa autentifikasi sertifikat.


"Jangankan masyarakat biasa, peretas pun menyerang instansi pemerintah, pihak keamanan. Bahkan Kementerian Informasi dan Komunikasi pun pernah diserang hacker. Kita sampai perlu 3 pekan untuk memperbaikinya," ungkapnya. [gin]

0 komentar:

Posting Komentar